Barcelona hantam Real Madrid 3-0, unggul sembilan poin di puncak

0
7

Bisnis Metro, JAKARTA — Barcelona memenangi El Clasico edisi ke-237 setelah menundukkan Real Madrid dengan skor 3-0 pada Liga Spanyol pekan ke-17 di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu.

Kemenangan ini membuat Blaugrana memimpin sembilan poin di puncak klasemen Liga Spanyol dengan perolehan 45 poin, unggul sembilan angka dari Atletico Madrid di posisi kedua dan memimpin 14 angka dari Real Madrid yang duduk di peringkat empat.

Gol-gol kemenangan Barcelona dicetak Luis Suarez, penalti Lionel Messi dan sepakan Aleix Vidal menjelang akhir pertandingan, setelah Los Blancos bermain dengan 10 orang imbas handball Dani Carvajal yang berbuah kartu merah pada saat laga berjalan satu jam.

Pertandingan menjadi akhir yang antiklimaks bagi pasukan Zinedine Zidane yang memulai laga dengan begitu agresif melalui umpan-umpan pendek yang dilancarkan dari sayap kiri.

Ronaldo pun menggebrak dengan gol sundulannya dari umpan terusan sepak pojok saat laga baru berumur dua menit, namun gol itu dianulir wasit karena CR7 berada dalam posisi offside.

Real Madrid cenderung menguasai pertandingan babak pertama dengan permainan umpan pendek yang diperagakan Luca Modric, Mateo Kovacic maupun Toni Kroos.

Los Merengues memiliki beberapa peluang dari umpan tarik Modric kepada Ronaldo, maupun umpan silang Carvajal, namun tidak ada yang berbuah gol.

Sebaliknya, Barcelona terlihat lebih banyak menunggu untuk membongkar pertahanan Los Blancos. Peluang Blaugrana baru tercipta pada menit 17 dari serangan yang dibangun Rakitic, namun tidak mampu diselesaikan oleh Messi.

Sebaliknya, Thomas Vermaelen harus diganjar kartu kuning karena menjegal laju Modric yang menerobos sendirian dalam sebuah serangan balik.

Barcelona nyaris membuka keunggulan jika umpan terobosan yang disepak Paulinho tidak melebar pada menit 30. Satu menit kemudian, sepakan Ronaldo ke gawang Marc-Andre ter Stegen juga tak akurat.

Pada menit 40, Barcelona kembali memiliki peluang dari tandukan Paulinho, sebelum Real Madrid berkesempatan mencetak gol dari aksi Modric dan Ronaldo. Tandukan Benzema juga menghantam tiang gawang sehingga skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Barcelona akhirnya memecah kebuntuan berkat gol Luis Suarez saat babak kedua baru berjalan 10 menit. Gol itu tercipta dari umpan terobosan Rakitic kepada Sergi Roberto yang langsung melayangkan umpan silang kepada Suarez.

Suarez kembali mengancam gawang Keylor Navas pada menit 57 melalui serangan balik yang dilancarkan Messi, namun sepakan Suarez tak tepat sasaran.

Messi menggandakan keunggulan Barcelona dari eksekusi tendangan penalti menyusul pelanggaran handball yang dilakukan Dani Carvajal pada menit 63.

Kendati hanya bermain dengan 10 orang, namun Zidane mengambil langkah berani untuk memasukkan Gareth Bale dan Marco Asensio.

Kehadiran Bale memberikan warna baru untuk serangan Madrid, pemain Wales itu memiliki peluang emas saat meneruskan umpan tarik Modric, namun sepakan jarak dekat itu bisa dihentikan Ter Stegen.

Penjaga gawang asal Jerman itu bahkan menghentikan tembakan jarak dekat Ronaldo dalam situasi kemelut setelah sepak pojok pada 10 menit sebelum laga berakhir.

Sundulan Sergio Ramos yang meneruskan tendangan bebas Kroos pun tidak menghasilkan gol maupun sepak pojok.

Sebaliknya, Barcelona memastikan kemenangan 3-0 saat Messi yang lolos dari sisi kanan mengirimkan umpan silang yang disontek Vidal. Bola tersebut melewati Navas dan menggelinding masuk ke gawang, demikian LaLiga.

Susunan pemain dilansir dalam LaLiga:

Real Madrid
: Keylor; Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo; Modric, Casemiro, Kroos; Kovacic; Benzema, Ronaldo
Cadangan: Casilla, Nacho, Bale, Theo, Vazquez, Asensio, Isco

Barcelona: Ter Stegen; Sergi Roberto, Pique, Vermaelen, Alba; Rakitic, Busquets, Iniesta; Paulinho; Messi, Suarez
Cadangan: Cillessen, Semedo, Denis, Mascherano, Digne, Gomes, Vidal. (Red)

Sumber: Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here