Dankorpaskhas Apresiasi Animo Peserta Turnamen Panahan Dankorpaskhas Cup 2017

0
4

Bisnis Metro, JAKARTA – Turnamen Panahan Dankorpaskhas Cup 2017 secara resmi dibuka oleh Komandan Korps Pasukan Khas (Dankorpaskhas) Marsekal Muda TNI Theodorus Seto Purnomo, Turnamen Panahan Dankorpaskhas Cup 2017 ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Hut ke-70 Korpaskhas yang di gelar di Lapangan Yonko 467 Paskhas, Jl.Kumboyono Dirgantara III, Halim Perdana Kusuma, Jakarta (11/11/17).

Dalam catatan sejarah untuk Pertama kali Indonesia merengkuh medali pada Olimpiade 1988 di Seoul, Korea Selatan. Tiga srikandi berhasil mempersembahkan perak yang merupakan medali pertama bagi Indonesia sejak keikutsertaannya di ajang bergengsi dunia, Olimpiade.

Pada ajang regional, yakni Sea Games 2017 di Kuala Lumpur di Malaysia, tim panahan juga mempersembahkan medali emas pertama bagi Indonesia. Dengan berbagai prestasi tersebut, dan juga sebagai olahraga popular secara nasional dan internasional, Korpaskhas menggelar Open Turnamen Panahan Dankorpaskhas 2017.

“Turnamen ini bertujuan menjaring bibit-bibit muda potensial serta meningkatkan prestasi olahraga panahan di tingkat nasional dan internasional, sekaligus rangkaian kegiatan HUT Korpaskhas ke-70,” ujar Dankorpaskhas, kepada awak media usai pembukaan Open Turnamen Panahan Dankorpaskhas 2017 di Lapangan Bola Yonko 467 Paskhas.

Mengenai turnamen panahan yang baru pertama kali diselenggarakan, Dankorpaskhas merasa terkejut dengan animo peserta yang mencapai 802 pemanah dari 12 provinsi.

“Saya tidak membayangkan dengan animo para peserta yang mencapai 802 atlit. Bahkan dua atlit nasional yang kemarin turun bertanding di Sea Games 2017 ikut serta,” katanya.

Oleh sebab itu, dengan tingginya antusias peserta untuk mengikuti turnamen ini, Dankorpaskhas mengharapkan akan kembali menggelar turnamen panahan. Bahkan, bisa menjadi agenda rutin di tahun-tahun mendatang.

Dalam penyelenggaraan turnamen ini, Dankorpaskhas mengaku telah berkolaborasi dengan Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani). Ditanya soal pembibitan atlet panahan dari Paskhas, Dankorpaskhas hanya berjanji, kita lihat saja nanti ke depannya.

Sementara itu, perwakilan dari PB Perpani sangat mengapresiasi turnamen panahan ini. Menurutnya, selama ini turnamen panahan sangat kurang dan berpengaruh dengan munculnya bibit-bibit muda.

“Saya sangat berterima kasih dengan digelarnya Open Turnamen Panahan Dankorpaskhas 2017. Kami sangat antusias sekali begitu juga dengan peminatnya (peserta). Fasilitas sangat baik. Dahsyat, pesertanya dari Aceh, Medan, Jambi. Sekali lagi terima kasih,” ucapnya.

Sementara tanggapan dari salah satu orang tua atlet, Bayu sangat antusias dengan penyelenggaraan turnamen ini. Kata Bayu, putrinya yang baru berusia 8 tahun merasa senang dan bangga mengikuti turnamen ini.

Semoga turnamen ini rutin digelar, kata Bayu berharap, dan dari angkatan yang lain serta kepolisian bisa mengadakan turnamen seperti ini. “Jadi dengan adanya turnamen secara rutin bibit muda potensial akan bermunculan,” harap Bayu.

Turnamen tersebut telah diikuti sebanyak 802 peserta atlit yang terdiri dari 598 Atlet Pemanah Putra, 204 Atlet Pemanah Putri yang tergabung dalam 87 Team dan Club maupun Individu/Perorangan baik Atlit Militer dari berbagai kesatuan maupun Atlit Sipil dari 12 Daerah/Provinsi. Atlet militer dari berbagai kesatuan turut serta seperti dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri.

Sebanyak 12 provinsi mengirimkan atlet-atletnya, yakni Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, DI Yogyakarta, Jawa Tengah (Semarang), Jawa Timur (Malang, Surabaya), Kalimantan Timur dan Aceh.
Nomor yang dipertandingkan terdiri dari tujuh (7) kategori, yakni kategori 10 M (kelas 1-3 SD) putra dan putri; kategori 15 M (kelas 4-6 SD) putra dan putrid; kategori 15 M Berbow putra dan putri; kategori 20 M (SMP) putra dan putrid; kategori 30 M (SMA & Umum) putra dan putrid; kategori 50 M Compound putra dan putrid; serta kategori 70 M recurve putra dan putri.

Open Turnamen Panahan Dankorpaskhas 2017 ini memperebutkan 210 medali, yakni 70 medali emas, 70 medali perak dan 70 medali perunggu, sertifikat, Piala dan uang pembinaan. (Yuni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here